Puding Week NCC

Setelah Mango Week - Donat Week - sekarang saat nya Puding Week diadakan di NCC (Natural Cooking Club), tempat berkumpulnya para pecinta kuliner yang kreatif saling berbagi tips dan trik di bidang nya...



Host kali ini adalah Gemi Miranti a k a eMbu Anti - dengan bantuan Ina Larizz, Rifda, dan Shirley "Paiton"...

So here the rules :

1. Event ini berlangsung selama 3 minggu persis, dimulai dari 2 Maret 2009 hingga 23 Maret 2009 (maksudnya supaya yang baru sempat bikin hari Minggu tanggal 22 Maret, masih bisa ikut berpartisipasi) - tapi diharapkan ngga semua nya dikirim tanggal 23 lhooooo......

2. Silahkan pilih resep puding yang disukai, boleh menggunakan resep andalan (jangan lupa, resepnya di share ya) atau resep di web NCC, asalkan hasil jadi nya adalah "Puding" atau "Agar-Agar" atau "Jeli" - bukan "bolu" ataupun "rendang", hehe...

3. Setiap peserta Puding Week NCC, harus laporan di milis supaya bisa di data untuk round-up di akhir event.

4. Bagi peserta yang tidak keberatan dan bagi yang tidak punya blog, salah satu fotonya, boleh dikirimkan ke host Puding Week di alamat email : pudingweekncc@yahoo.com untuk dipasang beserta linknya di blog Puding Week NCC, bagi yang hanya ingin link nya aja yang dipasang (tanpa foto), juga boleh.

5. Peserta di persilahkan memasang logo "Puding Week NCC" (created by Ina LaRizz) di posting-an blognya masing-masing.

Ok..now, udah ready kan??? Siap-siap bikin Puding yang selalu bikin "ngacay" and....jangan lupa Have Fun ya!!


08 April 2009

PENGUMUMAAAAAAAAAAN!!!!!

Halo...haloooooooo.....

Mbu Host yaQin...pasti udah pada nungguin pengumuman pemenang Event kali ini ya...(hehehehe..ge er mode on)


Untuk Puding Week NCC ini, serasa kebanjiran puding di bulan Maret. Puding-pudingnya tidak hanya cantiq dan menarik....tapi juga jaminan mutu, karna yang membuat NCCers yang tidak diragukan lagi kemampuannya...hehehehhe...


Pemenang Event kali ini, dibagi menjadi beberapa kriteria...

1. Foto terbaik

2. Puding Simple dan Sederhana

3. Puding Inovatif

4. Puding Favorite pilihan Tim Puding


Masing-masing pemenangnya sebagai berikod...siap-siaaaaaaaaaaaap...pegang nomer masing-masing....(hihihihi...)



1. Foto terbaik, Puding Lapis Trio – Ira Indiana


Pastinya smua stuju ya, kalo Puding ini terpilih..wuidiih..fotonya sudah seperti di majalah-majalah...bravoooooo!!!!!



2. Puding Simple dan Sederhana, Puding GulMer – Regina



Puding ini terpilih selain karena membuatnya mudah, juga rasanya Indonesia sekaliiiii....cinta deh...:) Unik juga, karna lapisannya memisah sendiri membuat lapisan bening...bener-bener TOB untuk Regina



3. Puding Inovatif, Puding Arabesque – Rohmah



Setojooo...harus stojooo..hehehehe...soalnya ini beneran deh tak terpikirkan bahwa cetakan Arabesque juga bisa dibuat untuk mempercantik puding...Terimakasih banget ngettt..untuk sharing idenya....Siiippppppp!!!!



4. Puding Favorite, Puding Buah – Hastuti


Puding ini terpilih, karna bentuknya yang lucuuuuu...juga cara membuatnya yang tidak kalah lucuuuu....gemesy gemessssyyyy....deh....Trimakasih untuk berbagi tipsnya yaaa....




Nah, udah deh..gitu aja...

Eh eh....pada nanyain dapet hadiah apa ya...

Weeeess...dateng yaaaa ke Maksibar di Mall Ambassador siang ini...

Dijamin ngilerrrrrrrrr liat hadiahnya....

Ini sedikit bocoran Photonya...huehehehehhee (demen liat orang penasaran)

Celemek NCC (special edition lo...heheheh) sama cetakan puding ikan koi

Buku Kreasi Coklat dan Cetakan Koi Besar

Buku Kue Kering Hias - Cetakan Koi Guede

Cetakan Puding Warna Warni yang Lucyu...

Selamat ya buat para pemenangggg...Smoga sukses dan teruuus smangat....
Buat yang sudah berpartisipasi...skali lagi terimakasiiiiiiiiiiiiiiiy...Love You Love You...
Buat Para Penyumbang hadiah yang tidak mau disebutkan namanya (tapi pasti ketauan lah ya siapa aja..hehehehe) terimakasiiiy..smoga dapur ngebul teruuuuuuuuus....
Buat Juri Kehormatan, Riana dan Yuli Berliantin, trimakasih yaa..maaf ya Mbu dah ngerepotin....:)
Buat seluruh tim puding...trimakasih banyaaak...smoga ga kapok bantuin Mbu.. :))

24 Maret 2009

Puding Jeli - eMbu Anti


Akhirnya di detik2 terakhir mBu host bisa ikutan narsis di blog pudding week.....hihihii...
sejak liat puding cantik berseliweran sambil melongo .... tetep pengen bisa bikin juga.
judulnya puding pelangi atau puding selang seling mbak fat.....

Meskipun udah niat pake cetakan 'pinjaman' tetep aja yang selamat sampai difoto ya yang ini sementara yang lainnya udah disendokin duluan sebelum dikeluarkan dari cetakan...
yang ada di rumah nutrijel. pede aja nyetakin nutrijel. meskipun pas dipotong per juring-nya rada susah ya. tapiii... tetep semangat.... juga meskipun hasilnya sangat biasa dibanding yang lain...hehehe...

Alhamdulillah.... banyak yang berpartisipasi di pudingweek.... lebih dari 100 postingan di blog puddingweek.... bravo NCC...
kami tim puddingweek [mBu anti, widya hidayat, ina larizz, shirley dan rifda] mengucapkan banyak terima kasih dan tidak lupa kami juga mohon maaf untuk semua kekurangan kami selama event ini. jangan lupa berikan komentar di akhir postingan di blog puddingweek untuk menentukan pudding favorit pilihan pembaca...
hayuuukk.... kita siap2 buat week berikutnya...

23 Maret 2009

Puding Tahu Saus Jahe - Susy


Mefet..mefet yah lapornya, tp gak nyesel dech.. puding ini oke banget.. beneran lembut kayak tahu, namanya jg puding tahu mirip sama kembang tahu yang suka dijualin itu loh.
Mrs. Bond aka Susy gak pake maizena, karena klo mo mirip kembang tahu yah sausnya mesti encerlah.. tp rasanya tetap Mak Nyosss...
so.. ini penampakan dan resepnya (dikutip dari tabloid SAJI)
PUDING TAHU saus JAHE
Bahan Puding :
2000 ml susu cair
1 bks agar2 bubuk
250 gr gula pasir
1sdt garam
Bahan saus Jahe:
750 ml air
50 gr jahe bakar, memarkan
1 lbr daun pandan
100 gr gula merah
1 sdm maizena dan 1 1/2 sdm air untuk mengentalkan (sy gak pake)
Cara membuat :
Puding :
Rebus susu, agar2, gula pasir dan garam sambil diaduk sampai mendidih
tuang di mangkuk, bekukan.
saus jahe :
rebus air, jahe, dan daun pandan sampai harum. masukan gula merah, aduk sampai gula larut. saring. didihkan lagi.
kentalkan dengan larutan tepung maizena. masak sambil diaduk sampai kental.

Puding Puing - Hania Bahanan


Sebenarnya mau lapor "tuti fruty puding", tapi ternyata menjadi "puding puing".
Kejadian ini sudah seminggu yang lalu, mau lapor maju mundur. setelah dipikir 99 kali, cuek aja lah, itung2 ngeramein puding week. maksudnya, biar puding yang nampang ada yang hancur gitu, habis yang lain pada cantik n keren. (minder.com) untuk rasa, nggak sehancur tampilannya kok.

Puding yg proses cetaknya pakai loyang bongkar pasang, menjadi hacur berantakan setelah pengait loyang atasnya goyang dan lepas pada saat puding bawah (puding coklat) belum padat benar.
jadinya puding runtuh, dan puing2 puding yang setengah mengeras aku pindahin ke loyang seadanya.

Kepalang tanggung, akhirnya tuti fruty (puding warna warni) yang sudah siap tetap harus tampil dengan puding santan, walaupun gak lagi bisa bersembunyi di balik puding coklat.
Kecewa berat??? pastinya.
tapi dari pada kecewanya disimpan sendiri, mending di bagi2, biar plong dan dapat masukan dari para senior.

walaupun fotonya nggak sesuai, tapi aku sertakan resepnya.
loyangnya juga ikut mejeng lho.


Tuti fruty puding
resep dari mama hasil ikut kursus thn 1976

Bahan A (puding warna warni) :
1/2 bungkus agar-agar (aku pake swallow globe)
250-300 ml air
60 gr gula pasir (atau sesuai selera)
pewarna makanan (kuning telur) / pasta (coklat, strawberry, pandan)

cara membuat :
campur semua bahan (kecuali pewarna/pasta) masak dengan api kecil, sampai mendidih.
setelah uap panas hilang, bagi menjadi 4 bagian dan beri warna/pasta, tuang ke mangkuk kecil. setelah puding mengeras, potong dadu, sisihkan

Bahan B (puding coklat) :
1 1/2 bungkus agar-agar
200 ml susu kental manis coklat
500 ml air
100 gr gula pasir (atau sesuai selera)
pasta coklat secukupnya

cara membuat :
campur semua bahan kecuali pasta coklat, masak dengan api kecil sampai mendidih.
setelah uap panas hilang, tambah pasta coklat dan tuang ke cetakan bawah (cetakan atas harus terpasang) setelah puding coklat mengeras 100 %, angkat cetakan atas. isi dengan potongan puding warna warni.


Bahan C (puding santan) :
1/2 bungkus agar-agar
250-300 ml santan (dari 1/4 btr kelapa)
90 gr gula pasir (atau sesuai selera)

cara membuat :
campur semua bahan, masak dengan api kecil dan aduk terus sampai mendidih.
setelah uap panas hilang, tuang ke dalam puding coklat berisi puding warna warni.

Puding ini kalo di potong cantik banget tampilannya. sayang aku nggak berhasil mewujudkannya :-(

Puding untuk Balita - Stephanie Rita


Udah pusing mau bikin puding apa....
Akhirnya, kepikir... bagaimana kalu bikin puding buat anakku yang susah minum susu.

Bahannya... diambil dari puding suteranya Mbak Widya..
Sya modif sedikit....
Dibikin 2 lapis. Yang lapis coklat ditambah coklat bubuk 1-1.5 sdt
Kalau yang pink, ditambah susu indomilk strawberry kira2 75-100 ml (supaya dapat warna pink aja).
Memang enak ya puddingnya.. . lembuuttt...
Begitu masuk lemari es...
Aku kasih ke anakku yang usia 14 bulan (biasanya kalau minum susu harus berjibaku dulu).. wah ternyata habis 2 potong bow...
Aku berhasiillll (membuat anakku mau 'minum susu')...

Untuk fla-nya (yang ini dikonsumsi sama orang tuanya aja):
2 sdm rum butter
1 kuning telor
300 ml susu cair indomil
1.5 sdt maizena
Garam sejumput
Vanilla essence
45 gr garam

Beli kain kasa, deket kandang sapi
Biar pudingnya biasa, yang penting partisipasi. ..

Cihuyyy...

Cake Puding Dark Cherry - Afif


Cake Pudding Dark Cherry
Resepnya :
Cake : - 3 btr telur
- 100 gr gula pasir
- 50 gr terigu
- 25 gr maizena
- 75 gr margarin/mentega cair
Pudding :- 1 bks agar-agar putih
- 300 cc susu cair
- 100 gr gula pasir
- 3 putih telur kocok kaku
- 100 gr dark cheri
- 50 gr selai Blue Berry
Cara :
Cake :
1. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm tinggi 3 cm olesi margarin dan panaskan oven
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang, masukan terigu dan maizena aduk rata
3. tambahkan mentega cair aduk rata, tuang dlm loyang dan oven sampai matang
Pudding :
1. Campur jadi satu, agar2, susu dan gula aduk rata dan masak mendidih matikan kompor
2. Masukkan puding ke dalam kocokan putih telur, aduk rata serta tambahkan irisan dark cerry aduk rata juga
3. Letakkan cake di loyang spring form diameter sama (saya pakai lbh besar krn gak punya tuh)
5. Tuang puding ke dalam loyang tadi dan ratakan atasnya
6. Semprotkan selai blue berri di atas puding, buat guratan dg garpu sehingga bergelombang
7. Dinginkan sertaka masukkan kulkas. Sajikan deeh....

Puding Kumbang - Riza Sahal


Riza, anggota baru di milis ini, ikutan juga puding week...

Puding Kumbang

Bahan puding coklat
3 gelas susu cair
20 gr cokalt bubuk
1 butir kuning telur
200 gr gula pasir
1 bks ager-ager putih

Bahan puding hijau
6 gelas susu cair ( fresh milk)
150 gr tape ketan hijau blender
2 butir kuning telur
400 gr gula pasir
2 bks ager-ager putih

Cara membuat:
Campur susu coklat bubuk, gula pasir dan ager-ager, jerang di atas api sampai mendidih.
Kocok lepas kuning telur, ambil sedikit ager-ager yang sudah mendidih, masukkan ke kuning telur, kocok cepat ( dipancing), kemudian masukkan kembali ke adonan agar-agar, aduk dan didihkan sekali lagi, angkat aduk hilangkan uap panasnya,dan cetak

Puding Domino - Ahiong


Puding ini saya buat terinspirasi dari puding dua warna mb Fat (Thanks mb Fat).
Puding Domino
Bahan A :
600 cc susu cair
130 gr gula
1 bks aga
Bahan B :
800 cc susu cair
20 gr coklat bubuk
50 gr DCC
125 gr gula
1 bks agar2
Cara :
- Rebus semua bahan A sampai mendidih, kemudian tuang ke dlm loyang dgn ketebalan lk 1 cm,
biarkan beku, potong2 memanjang
- Rebus bahan B sampai mendidih, tuang ke dlm loyang lk 1/2 cm, kemudian susun potongan bahan A
berselang seling, bagian yg kosong diisi bahan B.

Puding Si Belang - Liliana


Akhirnya.... bisa juga ikutan pudding week. Udah hari terakhir nih.... puddingnya sih pudding biasa aja, cuma dibuat berlapis2, setelah di potong2 hasilnya kayak macan loreng ya.....makanya dinamain aja si Belang, abis bingung mau dikasih nama apa.

Puding Si Belang a la Liliana

Bahan:
Agar2 bening:
2 pak agar2
1600 cc air
250 gr gula
pewarna merah dan hijau
Agar2 santan:
1 pak agar2
400 ml santan instant
300 ml air
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 lb daun pandang
Cara membuat
- Rebus bahan2 untuk agar2 being sampai mendidih. Masing2 warna 1 resep
- Rebus bahan2 untuk agar2 santan sampai mendidih
- Taruh 5 sendok sayur agar2 bening warna merah di loyang ukuran 22 x 22 cm
- Diamkan sampai agak beku
- Beri 1 sdm agar2 santan dibeberapa bagian, bekukan
- Siram dengan agar2 hijau 5 sendok sayur, bekukan
- Beri 2 sdm agar2 santan secara acak, bekukan
- Siram dengan agar2 merah dst... sampai adonan habis

Coconut Puding with Pandan Leaves - Yunike



COCONUT PUDDING WITH PANDAN LEAVES
a la Yunike

Ingredients:
1 bungkus agar2 putih
1 bungkus agar2 hijau
900 cc santan kelapa
900 cc air
240 gr gula pasir
kelapa muda yg telah diserut
pandan

Directions:
1. Rebus agar2 putih bersama santan dan 120 gr gula pasir sampai mendidih, kecilkan apinya
2. Rebus di panci yang terpisah agar2 hijau, pandan, air dan gula pasir sampai mendidih, kecilkan apinya
3. Siapkan loyang puding yang telah disiram air dingin, setelah agar2 mendidih, yang pertama tuangkan agar2 hijau ke dalam loyang kira2 1/4 tinggi loyang. Tunggu sampai lapisan yg paling atas mengeras (kalo saya berhubung ga sabaran jadi saya masukin kulkas)
4. Setelah lapisan atas tersebut mengeras, tuang pelan2 agar2 santan +/-1cm tingginya. Tunggu sampai lapisan atas mengeras.
5. Letakkan kelapa muda diatas agar2 santan tersebut kemudian siram lagi agar2 hijau sampai habis. Tunggu lagi sampai permukaannya mengeras.
6. Yang terakhir, masukkan sisa agar2 santan ke atasnya.
7. Masukkan ke dalam kulkas, siap dihidangkan ketika sudah dingin

Note:
- Sementara menunggu permukaan agar2 mengeras, sisa adonan agar2 dibiarkan diatas kompor dengan api yang kecil dan sesekali diaduk2 biar tidak mengeras.
- Menuang agar2 ke dalam loyang harap hati2 dan pelan2 agar tidak merusak permukaan agar2 yang ada di bawahnya.

Puding Kalap - Susi Widiyani

Puding kalap??? ato kalap bikin puding mbak Susi? hihihihi...
Karna mbak Susi ga tanggung-tanggung, membuat 4 puding sekaligus untuk diikutsertakan dalam puding week...Smangat bangeeeeed...

Simak satu persatu resepnya yaaa...

RESEP PUDDING DOMINO
(Volume pudding yang dihasilkan disesuaikan dengan cetakan)

Bahan:
1 bks agar-agar putih
200 gr gula pasir
750 ml susu segar
10 gr coklat bubuk African black

20 gr coklat bubuk biasa
2 btr kuning telur

Cara membuatnya:

  1. Cairkan coklat bubuk (dua jenis di campur) dengan sedikit air panas, aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok asal kuning telur dengan garpu, sisihkan
  3. Masak susu, gula pasir dan agar-agar hingga mendidih, tuangi coklat bubuk yg sudah cair, aduk rata. Ambil sedikit adonan agar-agar, tuang kedalam kuning telur aduk rata, tuang kuning telur campur ini kedalam adonan agar-agar. Aduk rata biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.
  4. Tuang kedalam cetakan agar-agar, dinginkan.
  5. Setelah beku potong memanjang jangan terlalu kecil paling tidak 2x2 cm (bentuk dadu mukanya).

Pudding Putih
Bahan:
1 bks agar-agar bubuk
750 ml susu segar
180 gr gula pasir
1 sdt vanilli

Cara membuat:

  1. Masak susu, gula pasir dan agar-agar hingga mendidih. Kecilkan api. Beri vanilli, aduk rata. Angkat.
  2. Lapisan pertama, letakkan potongan memanjang pudding coklat selang seling.
  3. Tuangkan pudding putih kedalam cetakan yang sudah berisi pudding coklat pada selingan yang kosong.
  4. Bekukan.
  5. Ulangi untuk lapisan kedua tapi warna coklatnya digeser satu kotak, kemudian tuangi dengan pudding putih, begitu selanjutnya hingga dicapai tinggi yang diinginkan.

Biasanya saya memakan pudding ini dengan menambahkan vla putih dan diberi cacahan es.

Saya ambil resep Vla nya dari NCC.

Bahan Vla:
500 ml susu segar
150 gr gula pasir
2 sdt tepung maizena
1 sdt vanilla ekstrak
2 btr kuning telur.

Cara membuat :

  1. Vla: cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur dengan kuning telur, aduk rata sisihkan.
  2. Masak susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran tepung maizena, aduk rata biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Beri vanilli, aduk rata.
  3. Sajikan Vla bersama pudding.
Pudding Strawberry Cinnamon
Bahan :
1 sdm agar agar putih (setengah bungkus)
450 ml jus anggur merah atau jus aple merah atau jus cranberries.
1 batang kayu manis
100 gram gula pasir atau tergantung selera karena jus biasanya sudah mengandung gula
1 buah jeruk (spt jeruk sunkist) peras
4 buah strawberry di potong2 kasar atau kalau asam bisa diganti dengan rasberry plastikan.
Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan di atas kecuali strawberry.
2. Masak hingga mendidih.
3. Siapkan cetakan kecil 2 buah (lihat gambar yang sudah jadi untuk mengira2 ukuran).
4. Tuang pudding sedikit ke dalam cetakan, masukkan strawberry beberapa potong, bekukan,
5. Ulangi hingga bahan habis.



Pudding Fresh Orange
Bahan :
1 sdm agar agar putih (setengah bungkus)
2 buah jeruk (spt sunkist) peras, ambil airnya
1 sendok makan jeruk nipis atau lemon peras, ambil airnya
400 ml air
100 gram demerara sugar atau brown sugar
1 buah jeruk sunkist potong tipis2 bentuk bulat untuk hiasan.
Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan di atas.
2. Masak hingga mendidih.
3. Siapkan cetakan kecil 2 buah (lihat gambar yang sudah jadi untuk mengira2 ukuran).
4. Tuang pudding sedikit ke dalam cetakan, bekukan.
5. Masukkan 1 lembar jeruk sunkist potong, tambahkan cairan pudding, bekukan.
5. Ulangi hingga bahan habis.


Pudding Green Grape
Bahan :
1 sdm agar agar putih (setengah bungkus)
500 ml jus anggur putih atau 500 ml air diberi jeruk nipis 1 sendok
80 gram gula pasir
150 gram natural yogurt (warna putih)
beberapa biji anggur hijau tanpa biji tergantung besarnya cetakan.
Cara membuat :
1. Campurkan jus anggur putih atau air yang sudah diberi jeruk nipis, tambahkan gula.
2. Masak hingga mendidih.
3. Siapkan cetakan gelas tinggi seperti untuk minum wine, letakkan posisi miring (diganjal), isi dengan anggur hijau.
4. Tuang pudding sedikit demi sedikit ke dalam gelas hingga anggur nya tenggelam semua. Bekukan.
5. Campurkan sisa pudding dengan yogurt, aduk rata.
6. Gelas di rubah ke posisi semula atau tegak.
7. Isi dengan pudding yogurt hingga penuh, bekukan.

Multi-colour Sago Jelly - Doris Goh

Warna warninya cerah...menarik perhatian...Simak Resepnya berikud ini yaaaa..

Multi-colour Sago Jelly

(recipe taken from Delightful Sweet Treats)

Ketemu recipe ini dari blognya Baking Mum

Bahan :
(A)

70 gm sago

(B)

2 tbsp agar agar powder
220 g gula pasir (pake cuman 180 g)
½ tsp garam
300 ml santan kental (pake KARA)
1000 ml air

(C)

Pewarna : Kuning, Merah, dan Hijau

Cara membuat :
- Masak sago sampe transparent. Cuci & keringkan. Dibagi 3 porsi dan warnai masing-masing ke sago.

- Rebus bahan (B) and saring. Bagi 3 porsi dan tambahkan sago warna warni ke setiap bagian.

- Masukan Porsi pertama ke dalam cetakan. Setelah keras, masukan porsi kedua ke atas porsi pertama. Setelah porsi kedua keras tuangkan porsi ketiga.

- Dinginkan, potong-potong dan hidangkan.

Puding Black Forrest - Hana Sunti Rahayu


Cantik cantik....
ck ck....ga selesai berdecak kagum melihat penampakan puding ini ya...hihihihi...
jadi pengen deh..mbak..lempar satu dong ke mbu host... :)
Yang mo kirim-kirim puding ini ke mbu host..nih..monggo dicontek resepnya..
ntar alamat mbu, japri aja yaa....hehehehehhe..

Black Forest Puding
Bahan-bahan:
Puding Coklat
2 klg susu kental manis coklat
1400 ml air
60 gr cokelat bubuk
200 gr DCC, cincang
100 gr gula pasir
2 bungkus (14 gr) agar-agar putih
4 kuning telur ayam kocok
Puding Putih
1 klg susu kental manis putih
700 ml air
50 gr gula pasir
1 bungkus (7 gr) agar-agar putih
2 kuning telur ayam, kocok
1 kaleng cerry hitam tiriskan
sedikit rum
Caranya:
puding coklat
1. Campur agar-agar bubuk, susu kental manis, cokelat bubuk, DCC, air dan gula dalam panci.
2. Masak sambil di aduku-aduk hingga cokelat larut dan mendidih, kecilkan api.
3. ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur kocok cepat hingga rata.
4. masukan kembali adonan telur kedalam adonan agar-agar coklat, masak hingga mendidih. angkat.
5. aduk-aduk hingga hilang uap panasnya
Puding putih
1. Campur agar-agar bubuk, susu kental manis putih, air dan gula dalam panci.
2. Masak sambil di aduku-aduk hingga mendidih, kecilkan api.
3. ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur kocok cepat hingga rata.
4. masukan kembali adonan telur kedalam adonan agar-agar putih, masak hingga mendidih. angkat.
5. aduk-aduk hingga hilang uap panasnya
Penyelesaian
1. tuang setengah adonan puding coklat kedalam cetakan tunggu hingga agak dingin (bisa dimasukan lemari es untuk lebih cepat)
2. setelah agak dingin tata cerry hitam diatas agar-agar coklat siram dengan sedikit adonan puding putih sampai cerry hitamnya tidak bergeser selanjutnya tuang kembali adonan puding putih samapai menutupi cerry hitamnya biarkan agak hangat.
3. tuang kembali sisa adonan puding coklat sampai penuh di tetakan diamkan hingga dingin lalu masukan lemari es hingga saat akan di sajikan

Puding Karamel - Nieken Larasati

Setelah sempat bingung mo bikin apa, ditambah takjub melihat puding yang berseliweran...(seremmm..pudingnya bisa berseliweran), Bundut yang baik hati ini akhirnya menjatuhkan pilihan ke Puding Karamel..Googling cari resep yang cocok, lalu modifikasi sesuai ketersediaan bahan...taraaaaaa..jadilah puding cantik nan yummy ini..


PUDING KARAMEL

Bahan :

75g gula pasir
1sdm air panas
2btr telur utuh, kocok lepas
100ml susu cair
100ml whipped cream

Cara membuat:
  1. Buat karamel : letakkan gula pasir di wajan, masak dengan api kecil, diamkan hingga seluruh gula mencair. Tambahkan air panas, masak hingga seluruh karamel larut.
  2. Isikan karamel yang sudah jadi ke dalam wadah kaca.
  3. Tambahkan susu cair & whipped cream ke dalam sisa karamel, masak hingga karamel larut. Matikan api & angkat
  4. Masukan telur yang sudah di kocok lepas kedalam larutan karamel, tuang ke dalam wadah kaca, panggang dengan au bain marrie selama 75menit dengan suhu 150 der C.

Puding Tutti Fruiti - Retno Widyaningrum


Senangnya punya tetangga yang sering mengirim hantaran..tapi masa nerima terus yaaa....
Nah....Mbak Retno membuat puding ini untuk membalas hantaran tetangga baik hatinya itu...
Sekali merengkuh dayung, dua tiga puding terlampaui...
Sekalian buat puding untuk ikutan pudingweek..waaa seru seru...

Yang penasaran sama rasanya tapi ga ada tetangga yang nganterin...gimana kalo bikin sendiri..hehehehe...

Bahan 1:

600ml Susu Cair

200gr Gula Pasir

1 bks agar-agar putih

2 putih telur (kocok sampai kaku)

1 klg Fruit Cocktail

Bahan 2:

750ml Juice Jeruk

1 bks agar-agar kuning

150 gr Gula pasir

Cara Membuat:

Bahan 1: Masak susu, gula & agar-agar sampai mendidih. Angkat, aduk-aduk sampai uap panasnya berkurang dan hangat. Masukan adonan agar-agar kedalam kocokan putih telur sambil di aduk rata. Tambahkan fruit cocktailnya. Tuang kedalam cetakan puding yang telah dibasahi air. Biarkan membeku.

Bahan 2: Masak juice jeruk, gula & agar-agar sampai mendidih. Tuang kedalam cetakan puding yang telah berisi bahan 1. Biarkan membeku.

Vla Jeruk:

500ml Juice Jeruk

Gula sesuai selera

1 sdm Maizena

Masak juice jeruk + gula pasir sampai mendidih, tambahkan larutan maizena. Aduk rata sampai mendidih.

Puding Ikan Mini & Puding Pisang Coklat - Meina

Kemaren ada puding ikan Koi...naah..kali ini...ga kalah kreatifnya..Puding Ikan Mini!!!...
Selain Puding Ikan Mini, Mbak Meina juga membagi resep yang membangkitkan kenangannya pada Almarhum Ayahnya...

Simak resep dan cara pembuatannya yaaa..

PUDING IKAN MINI

Resep : Meinawati


Puding Ikan

Bahan 1 (puding ikan oranye) :

· Susu cair putih 300ml

· 2 sachet minuman serbuk rasa jeruk (aku pakai Nutrisari Florida Orange )

· ½ bungkus agar-agar bubuk warna putih

· pewarna makanan warna oranye secukupnya

Bahan 2 (puding ikan putih) :

· Susu cair putih 250ml

· ½ bungkus agar-agar bubuk warna putih

· gula pasir 1 ½ sdm

Cara membuat :

1. Rebus bahan 1 atau bahan 2 di panci terpisah, sampai mendidih.

2. Tuang dengan sendok ke dalam cetakan ikan koi kecil-2.

3. Biarkan mengeras, lalu keluarkan dengan hati-2. Warnai mata ikan satu-satu dengan puding susu yang diberi warna hitam

Note :

- untuk 1 resep puding ikan masing-masing akan menghasilkan sekitar 20 ekor ikan

- Untuk mata ikan aku ambil sedikit campuran puding rasa susu (yang belum dididihkan), beri pewarna makanan hitam. Rebus bila semua ikan sudah dikeluarkan dari cetakan. Masukkan plastik segitiga, gunting ujungnya kecil aja, lalu warnai matanya satu-2.

- Sebaiknya puding ikannya dibuat sehari sebelumnya, lalu simpan dalam wadah plastik dan simpan dalam kulkas. Oh iya, wadahnya diberi air matang secukupnya ya..supaya ikan tetap basah dan mudah diambil atau digeser-2.


Puding tanaman air

Bahan :

Air 300ml

Agar-2 warna hijau 1 bungkus

Gula pasir 1 ½ sdm

Cara membuat :

1. Rebus agar-2 sampai mendidih. Tuang dalam cetakan dan biarkan sampai mengeras

2. Keluarkan dari cetakan, lalu parut dengan parutan keju sehingga berbentuk seperti mie kecil-2 berwarna hijau. Sisihkan.


Puding susu coklat

Bahan :

· Susu cair rasa coklat 2000ml

· Coklat bubuk 2 sdm (larutkan dengan sedikit susu, lalu campurkan dengan susu coklat)

· Gula pasir 2 sdm

· Agar-agar warna putih 3 bungkus

Cara membuat :

1. Rebus agar-2 sampai mendidih. Tuang dalam gelas kecil-2, dan biarkan sampai mengeras

2. Susun tanaman air di atasnya, taruh seekor ikan. Lalu siram dengan agar-2 bening. Biarkan mengeras. Sajikan

Note :

- satu resep puding susu coklat ini menghasilkan 20 gelas puding

- agar-agar bening untuk disiramkan diatas puding dibuat dari 1 bungkus agar-agar putih, 600ml air dan 6 sdm gula pasir




PUDING PISANG COKLAT

(recipe by Meinawati)

Bahan puding pisang :

- 1 bungkus agar-2 warna putih

- 2 putih telur

- 300g pisang ambon

- 500ml susu cair plain

- 150g gula pasir

- pewarna hijau secukupnya

Bahan puding coklat :

- 1 bungkus agar-2 warna putih

- 500ml susu cair plain

- 25g coklat bubuk

- 50g DCC, cincang kasar

- 100g gula pasir (kalau suka manis, boleh ditambah hingga 150g)

Cara membuat puding pisang :

  1. Blender pisang dengan 100ml susu. Sisihkan
  2. Kocok putih telur sampai setengah mengembang, masukkan 50g gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai kaku. Sisihkan
  3. Rebus agar-2 dengan sisa susu dan gula pasir sampai mendidih. Masukkan pisang yang telah dihaluskan, masak kembali sampai mendidih. Tambahkan pewarna secukupnya.
  4. Panas-2 masukkan dalam kocokan putih telur, sambil tetap dikocok dengan mikser kecepatan rendah, sampai rata. Tuang alam cetakan puding hingga setengah tinggi cetakan. Biarkan dingin

Cara membuat puding coklat :

  1. Larutkan coklat bubuk dengan sedikit susu cair. Sisihkan.
  2. Rebus agar-2, gula dan susu hingga mendidih. Masukkan larutan coklat dan DCC. Aduk rata hingga mendidih, lalu matikan api.
  3. Tuang ke dalam cetakan yang telah berisi puding pisang. Dinginkan.

Melted Puding & Pastel Tutup - Tety Kurniati


Hidden Vla....
Normalnya, vla untuk puding kan disiram diatas puding...
kali ini, mbak Tety membuat yang beda...vla..mengalir keluar saat puding dipotong...atau pecah dimulut saat puding digigit...
mmmm.....lezaat...

Mengimbangi manisnya Melted Puding ini, Mbak Tety juga menyuguhkan versi gurih...
Hmm...Pastel Tutup..sluuuurrpppp....


Kita ke sini yuks....ditunggu mbu Host ya..kita sikat puding-pudingnya mbak Tety... :)

Puding Leci -Vie


Mo kerumah sodara, bingung bawa apa?
Hmm..ga ada di kamus Mbak Vie..karna puding ini bisa jadi penyelamat situasi...
Sering di situasi yang sama...ayoo..jadikan puding ini juga puding penyelamat..hehehehe..


Puding Leci

Bahan:

2 bungkus agar-agar

1 bungkus nutrijll leci

11/2 skm

2400 ml air

1 kaleng buah

Cara Membuat:

Semua bahan di masak sambil di aduk-aduk hingga mendidih, matikan biarkan uapnya hilang.

tuang agar-agar tsb ke dalam loyang dan biarkan beku. Hias dengan buah kaleng.

Puding Sederhana - Hoesana

Pudingnya lucu lucuu....pasti anak-anak suka ya....
keberanian mencoba resep itu yang tooppp....
Hayooo..berkreasi teruuuss...jangan takut gagal.dikau pasti bisa...hugs...

Puding Strawberry Kopyor - Artika Pawardhani


Inspirasi bisa datang dari mana saja...
Mbak Artika mendapatkan inspirasi untuk puding ini dari Tabloid Nyata edisi Valentine..
huhuhuuu...love is in the air....

Beberapa bahan disubstitusi karna keterbatasan.....hasilnya lebih kreatif ya mbak... :)


CREAMY STRAWBERRY PUDDING

Bahan I :
  • Agar-agar bubuk putih 1/4 bks
  • susu cair 200 ml
  • gula pasir 50 gram
  • garam 1/8 sdt
Bahan II :
  • agar-agar bubuk putih 1/2 bungkus
  • susu cair 400 ml
  • gula pasir 75 gram
  • strawberry 100gram
Hiasan :
  • whipping cream 250 ml kocok kaku
  • strawberry 4 buah, potong kipas
Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan I, aduk rata. Rebus diatas api kecil sambil diaduk hingga mendidih, angkat dan tuang dalam loyang 22x22x4 cm. Bekukan.
  2. Keluarkan pudding dari loyang, potong persegi 18x5 cm. Letakkan pudding diatas plastik mika (aq pake mika sampul laporan abis ga ada TBK dsini hiks..) Buat motif bentuk hati dengan cutter.
  3. Bentuk plastik mika melingkar, rekatkan. Alas dasar plastik dengan alumunium foil.
  4. Campur semua bahan II, Haluskan dengan blender. Didihkan diatas api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan tuang dalam plastik mika setinggi adonan I. Bekukan.
  5. Hias bagian atasnya dengan whipping cream dan strawberry.
  6. Sajikan
NOTE : karena pas bikin puddingnya ga dapat strawberry, jadi untuk bahan II, aq ganti ma selai strawberry , maklumlah yg namanya strawberry kan impor dari Jawa, lewat kapal laut yg ga pasti datangnya. Trus Whipping Cream nya dsini juga ga ada yg jual (hiks.. itulah kenapa susah ber-ekspresi dsini) , pikir-pikir akhirnya bikin ice cream instan rasa kopyor wekekke..

Puding Susu - Indah Pahlevi


Pudingnya bercincin pink..genit skali ya..hehehe...
Puding ini, hasil modifikasi dari puding hitam putih Bu Fat...

Puding Moo - Sisilia Pujiastuti


Moooooooooooooooooooooooooooooo..........
Pudingnya menggemaskan skaliiiiiiiii...huhuhuhu....

Bahan :
2 butir telur
75 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar
300 ml air
200 ml susu cair
1 sdt essence kopi
3 sdm mentega leleh
1 sdt coklat hitam elmer

Cara membuat:
1. kocok telur dan gula hingga kental, sisihkan
2. Masak air dan agar-agar hingga mendidih, kemudian tuang ke dalam kocokan telur sambil dikocok
3. tambahkan susu, essence kopi. dan mentega leleh
4. Ambil sebagian kecil, tambahkan coklat hitam dan aduk rata.
5. Untuk membuat seperti badan sapi, bisa tuang dengan sendok tak beraturan, kalau ingin seperti zebra sebaiknya masukkan di plastik segitiga atau plasitk biasa lalu semprotkan. Melakukannya sebaiknya jangan terlalu lama, nanti keburu mengeras.

Puding Gradasi Tape Kelapa - Indrita


Huaaa....... akhirnya selesai juga,
Setelah panik berat, secara dateline pas hari ini.
Keasikkan ngeliatin puding wara wiri di millis NCC tercinta
pada bagus-bagus dan kuueerenn semua
sempet ciut juga nih, tapi... masa sih ga berani ikutan.
ide mo bikin puding apa, masih belum terbaca

Huuuaaaa.... mondar-mandir sana-sini, akhirnya nyerah...
buka kamus besar dulu deh. :DHuaaaa.... ... akhirnya selesai juga,
Ini dia Puding Gradasi Tape Kelapa :)
Bikinnya relatif mudah, cuma perlu kesabaran nungguin bikin layer per layernya
Resep diambil dari Majalah Sedap Sekejap edisi 5/V/2004 Hidangan Idul Fitri

Bahan A :
150 gram tape singkong, dibuang seratnya
75 gram gula pasir
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 tetes pewarna kuning
1/2 bungkus agar-agar bubuk
1/8 sendok teh garam

Bahan B :
300 gram kelapa degan, dikerok lebar tipis

PUDING :
2 bungkus agar-agar bubuk
1500 ml air
350 gram gula pasir
pewarna merah
pewarna kuning
pewarna hijau